Friday, June 28, 2013

#027 Legenda Sendang Sani



Suatu ketika, Sunan Kalijaga berencana mengunjungi Sunan Muria di Pati, Jawa Tengah. Dia mengajak temannya, Ki Rangga, untuk pergi bersamanya. Beberapa pelayan juga ikut dengan mereka membawa barang-barang. Dan mereka mulai berjalan ke rumah Sunan Muria.

Beberapa jam kemudian, Ki Rangga merasa capai. Dia merasa malu berjalan bersama dengan Sunan Kalijaga karena Sunan Kalijaga tidak tampak capai sedangkan Ki Rangga sangat capai dan haus. Akhirnya Sunan Kalijaga menyuruh Ki Rangga untuk beristirahat di bawah sebuah pohon besar. Itu adalah waktu untuk sholat Zuhur. Tapi tidak ada air untuk membersihkan atau ‘Wudhu’. Ki Rangga sangat kebingungan. Dia memberitahu Sunan Kalijaga tentang itu.

Sunan Kalijaga hanya tersenyum dan berkata, “kita harus berdoa kepada Allah untuk air. Sekarang kamu harus menjaga pohon ini, Ki Rangga, ini mungkin akan membawakan air untuk kita. Tapi ingat! Semua terjadi karena Allah SWT. Jangan bertindak sendiri. Kamu memberitahuku kalau air keluar. Aku akan berada dibalik bukit itu.”

Ki Rangga berjanji pada Sunan Kalijaga untuk memberitahukannya ketika air keluar. Jadi Sunan Kalijaga pergi ke balik bukit. Ki Rangga bersama dengan pelayan-pelayan duduk di bawah pohon besar itu. Mereka dengan cepat ketiduran. Ketika air keluar dari pohon besar, Ki Rangga dan pelayan-pelayannya menjadi basah. Mereka bangun. Mereka minum dan bermain di air. Ki Rangga lupa pesan dari Sunan Kalijaga untuk memberitahukannya ketika air keluar.

Di balik bukit, Sunan Kalijaga sangat khawatir. Jadi dia kembali ke pohon besar. Dia sangat terkejut melihat Ki Rangga dan pelayan-pelayannya bermain di air.

“Kamu lupa pesanku untuk memberitahuku ketika air keluar. Sebaliknya, kamu bermain di air seperti seekor kura-kura,” kata Sunan Kalijaga pelan.


Sebuah keajaiban terjadi. Ki Rangga dan pelayan-pelayan berubah menjadi kura-kura. Ki Rangga sangat sedih. Dia telah berubah menjadi kura-kura karena dia tidak menepati janjinya. Air itu membentuk sebuah kolam. Sekarang kolam itu disebuh Sendang Sani, di Pati, Jawa Tengah. 


-FIN-
Baca terjemahan Inggris di SINI
Author: Unknown

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau Anda puas dengan ceritanya. Tolong di klik ya Iklan (Ad) di sebelah kanan dan bawah. Terima Kasih ^-^
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------








0 comments:

Post a Comment