Sunday, June 23, 2013

#012 Nyi Roro Kidul



Pada suatu ketika, ada seorang puteri yang cantik bernama Kadita. Karena kecantikannya dia sering di panggil Dewi Srengenge, yang berarti Matahari yang cantik. Ayahnya adalah raja Munding Wangi. Meskipun dia punya  seorang anak perempuan yang cantik, dia selalu tidak bahagia karena dia selalu mengharapkan untuk mendapatkan seorang anak laki-laki.

Raja itu memutuskan untuk menikahi Dewi Mutiara, dan dia mempunyai seorang anak darinya. Dia merasa sangat bahagia. Dewi Mutiara menginginkan anaknya untuk menjadi raja di masa depan jadi dia harus memastikan itu.

Dewi Mutiara mendatangi sang raja dan meminta sang raja untuk mengusir anak perempuannya. Tentunya, sang raja tidak setuju.

“Tidak masuk akal, aku tidak akan membiarkan siapapun untuk melakukan hal keji seperti itu kepada anak perempuanku,” kata Raja Munding Wangi.

Ketika Dewi Mutiara mendengar jawaban itu, dia tersenyum dan mengatakan sesuatu yang manis sampai sang raja tidak marah lagi. Akan tetapi, dia menyimpan keinginan jahatnya di dalam hatinya.

Di pagi hari sebelum matahari terbit, Dewi Mutiara mengirim pembantunya untuk memanggil seorang penyihir ilmu hitam. Dia menginginkan penyihir itu untuk mengutuk Kadita, anak tirinya.

“Aku ingin tubuh indahnya dipenuhi dengan kudis dan penyakit gatal. Jika kamu berhasil, aku akan menghadiahimu dengan hadiah yang kamu tidak pernah kira sebelumnya.

Penyihir ilmu hitam melakukan apa yang diperintahkan oleh ratu; di malam hari tubuh Kadita dipenuhi oleh kudis dan penyakit gatal. Ketika dia bangun, dia menemui badanya berbau busuk dan punya borok di seluruh tubuhnya. Puteri cantik itu menangis dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Ketika sang raja mendengar itu, dia sangat sedih; dia mengundang banyak dokter untuk menyembuhkan penyakit anak perempuannya. Hari demi hari tidak ada seorang pun yang bisa menyembuhkan anak perempuannya. Dia menyadari bahwa penyakit anaknya bukanlah penyakit biasa. Seseorang pasti sudah mengirim kutukan atau sihir. Masalah sang raja menjadi lebih sulit ketika Ratu Dewi Mutiara memaksanya untuk mengusir anak perempuannya.

“Anakmu akan membawa kesialan kepada Negara ini,” kata Dewi Mutiara

Sang raja tidak mau anaknya menjadi desas-desus jelek di seluruh negara. Akhirnya dia menyetujui untuk mengusir anak perempuannya untuk keluar dari negaranya.

Puteri yang kasihan itu pergi sendiri, dia tidak tahu harus pergi kemana. Dia hamper tidak bisa menangis lagi. Dia mempunyai hati yang mulia. Dia tidak punya perasaan jelek sama sekali kepada ibu tirinya, melainkan dia selalu meminta Tuhan untuk menemaninya untuk melewati kesengsaraannya.

Hampir tujuh hari dan tujuh malam dia berjalan sampai dia sampai ke lautan selatan. Dia melihat ke lautan. Lautan itu sangat bersih dan jelas, tidak seperti lautan lain yang berwarna biru atau hijau. Dia melompat ke air dan berenang. Tiba-tiba ketika air lautan selatan menyentuh kulitnya, keajaiban terjadi. Boroknya hilang dan tidak ada sama sekali tanda-tanda bahwa ada kudis atau penyakit gatal. Bahkan dia menjadi lebih cantik dari sebelumnya. Tidak hanya dia memiliki sebuah kemampuan untuk memerintahkan seluruh lautan selatan, sekarang  dia menjadi  peri bernama Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan yang hidup selamanya.











Ini adalah legenda yang sangat spektakuler sampai sekarang di dunia modern. Banyak orang dari Indonesia ataupun Negara lain telah mengakui bahwa mereka telah menemui Ratu yang memakai pakaian tradisional Jawa. Satu dari hotel-hotel pantai terkenal telah membuat sebuah kamar khusunya untuk Nyi Roro Kidul.

-FIN-
Baca terjemahan Inggris di  SINI
Author: Soemanto

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau Anda puas dengan ceritanya. Tolong di klik ya Iklan (Ad) di sebelah kanan dan bawah. Terima Kasih ^-^
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------






0 comments:

Post a Comment