Monday, July 1, 2013

#039 Kancil Yang Mengalahkan Seekor Harimau



Dahulu kala seekor kancil dan seekor harimau adalah tetangga. Si harimau sangatlah galak. Dia suka membesar-besarkan betapa kuatnya dia. Semua hewan di hutan takut padanya. Dia memakan paling sedikit satu di antara mereka untuk makan malam setiap hari.

Kancil kemudian memutuskan untuk memberinya pelajaran.

“Akankah kamu mengijinkan aku untuk membawakan makan malammu tiap hari? Dengan begitu kamu tidak perlu memburu makanan,” dia bertanya pada si harimau.

Si harimau setuju. Hari berikutnya si kancil membawa tikus bersamanya untuk bertemu si harimau.

“Aku khawatir aku tidak bisa membawakan binatang yang lebih besar,” jelas si Kancil. “Ada seekor binatang yang sama sepertimu menghadang jalan. Dia punya seekor tikus yang duduk di atas kepalanya.”

Dia berkata pada semua binatang,”adakah di dunia ini yang bisa melawanku? Jika ada, biarkan dia datang dan mencoba. Jikalau tidak ada, maka aku adalah raja dari hutan.”

“Ho!” kata si Harimau. “Tidakkah kamu menceritakan tentang aku?”

“Ya aku ceritakan,” balas si Kancil.

“Ketika aku menceritakan betapa kuatnya dirimu, dia tertawa dan mengatakan hal yang kurang ajar. Bahkan dia mengatakan bahwa dia tidak mau menerimamu sebagai pelayannya,” si Kancil menambahkan.

Si harimau menjadi sangat marah. “Dimana dia? Dimana dia?” teriaknya.

Jadi si kancil menyuruh si tikus untuk duduk di atas kepala si harimau sementara dia duduk di pundak harimau. Dia menunjuk ke sebuah sungai tidak jauh dari sana.

“Dia di sana,” kata si Kancil.

Si harimau berlari ke sungai. Dia melihat ke bawah air. Iya ada harimau yang lain. Seperti yang dikatakan oleh si Kancil, dia tampak seperti si harimau itu sendiri. Ada juga tikus yang duduk di atas kepalanya. Musuhnya tampak persis seperti apa yang di jelaskan oleh si Kancil.
Dia mengaum dengan kuat dan musuhnya juga mengaum dengan kuat. Si harimau menjadi lebih marah. Dia menunjukkan taringnya,harimau yang satunya juga melakukan yang sama. Pada akhirnya si harimau menyerang musuhnya. Si harimau loncat ke dalam sungai untuk bertarung dengan musuhnya. Sungai itu dalam dan penuh dengan buaya.


Si Kancil dan si tikus langsung melarikan diri.


-FIN-
Baca terjemahan Inggris di SINI
Author: Unknown

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau Anda puas dengan ceritanya. Tolong di klik ya Iklan (Ad) di sebelah kanan dan bawah. Terima Kasih ^-^
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------





0 comments:

Post a Comment