Wednesday, July 3, 2013

#044 Si Kera Dan Si Kerbau



Seekor kera ingin menyebrangi sungai untuk memakan pisang yang ada di sisi satu lagi dari sungai. Sayangnya, dia tidak tahu cara berenang. Dia meminta kerbau untuk membawanya ke seberang di punggungnya.

“Baiklah,” kata si kerbau. “Loncat lah, aku akan berjalan ke seberang. Ada rumput yang sedap di seberang sana yang ingin aku makan.”


Jadi si kera menunggangi di punggung kerbau menyebrangi sungai. Ketika mereka sampai ke seberang, si kera langsung meloncat pergi. Dia berlari untuk memakan sebanyak mungkin pisang yang dia bisa. Si kerbau juga cukup senang memakan rumput yang panjang.

Setelah beberapa lama, si kera ingin pulang ke rumah. Dia meminta si Kerbau untuk membawanya pulang. Tapi si kerbau menyuruhnya untuk tunggu sebentar karena dia belum selesai makan.

Monyet yang nakal itu mulai bernyanyi. Dia membuat keributan yang besar sehingga seorang petani, yang bekerja di ladang di dekat sana, datang melihat ada masalah apa.

Dia berteriak kepada si kerbau, “pencuri! Pencuri! Kenapa kamu memakani rumputku?” dia melempar beberapa batu ke arah si Kerbau.

Si kerbau berhenti makan dan berlari. Ketika si petani sudah pergi, si kera keluar dari mana dia telah bersembunyi. Si kerbau memegang kepalanya yang sakit; dia telah terkena lemparan batu di kepalanya.

“Oh, oh! Kenapa kamu membuat begitu banyak keributan? Kalau kamu tetap diam, si petani tidak akan memperhatikanku.”

Si kera tidak tahu harus bilang apa. Si kerbau menyuruhnya duduk di atas punggungnya untuk menyebrangi sungai.

Ketika mereka di tengah penyebrangan, si kerbau berkata pada si kera, “aku ingin berguling dan mandi di sini.”

“Tolong jangan!” si kera memohon. “aku tidak bisa berenang.”

“Itu bukan salahku,” balas si kerbau. “kamu suka bernyanyi dan membuat keributan. Aku selalu suka untuk berguling di air. Itu sangat dingin dan nyaman dan itu akan menyembuhkan kepalaku yang sakit.”

Tanpa berbicara lagi, dia berguling di air. Untungnya si kera berpegangan erat kalau tidak dia sudah akan tenggelam. Ketika mereka sampai di seberang, si kera lompat dari punggung si kerbau. Dia sangat basah dan ketakutan.

“Aku tidak akan memberimu masalah lagi,”dia berjanji pada si Kerbau.



-FIN-
Baca terjemahan Inggris di SINI
Author: Unknown

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau Anda puas dengan ceritanya. Tolong di klik ya Iklan (Ad) di sebelah kanan dan bawah. Terima Kasih ^-^
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------







0 comments:

Post a Comment