Wednesday, July 3, 2013

#045 Cerita Belog



Di sebuah desa di Bali, pernah hidup seorang anak kecil yang bodoh tapi bahagia bernama Belog. “Belog” berarti “Goblok” dalam bahasa Bali, dan Belog terkenal di sekitar desa karena kelakuan bodoh yang dia selalu lakukan. Penduduk di desa itu tidak pernah menjadi capai untuk menceritakan satu sama lain sifat Belog yang berfikiran sederhana.

Suatu hari ibu Belog secara tidak sengaja menjatuhkan kotak korek api terakhirnya ke dalam sebuah genangan air. Korek apinya menjadi basah dan tidak mau dihidupkan. Dia membutuhkan korek api waktu itu juga untuk menghidupkan kompornya, jadi dia memanggil anaknya dan berkata, “Belog, tolong pergi ke toko dan beli korek api. Korek api yang aku punya basah dan aku tidak bisa menghidupkan api untuk memasak makanan kita.”

Dia memberi Belog uang dan menambahkan, “pastikan kalau korek api yang kamu beli kering dak bisa dihidupkan dengan mudah!”

Jadi Belog mengambil koin-koin untuk korek api dari ibunya, dan dengan bahagia dia berjalan ke toko di desa. Dia berjalan masuk dan meminta pada pemilik toko sekotak korek api. Kemudian Belog dengan hati-hati menghitung koinnya dan membayar untuk kotak itu dan mulai berjalan pulang.

Tidak lama dia di luar toko, kemudian sebuah pikiran menyambar Belog. Dia membuka kotak dan melihat ke dalam.

“Mereka terlihat seperti korek api yang bagus,” dia berfikir. “Tapi bagaimana aku yakin? Aku lebih baik mencoba satu.”

Untuk ilustrasi bukan promosi

Belog mengambil satu dari dari korek api itu dan menghidupkannya. Korek api itu terbakar dengan mudah.

“Ah, korek apinya tidak ada masalah,” katanya. “Tapi bagaimana dengan yang lain?” Jadi Belog mengambil semua, satu per satu dihidupkan untuk mengetahui apakah mereka bagus.

“Ini adalah sebuah kotak korek api yang bagus,” Belog berkata pada dirinya. Kemudian dia pulang ke rumah.

“Ini ibu,” kata Belog dengan wajah yang jujur dan senyuman bodoh di mukanya. “Aku membeli sekotak korek api yang bagus. Mereka semua berfungsi. Aku mencoba mereka semua!” Kemudian Belog memberikan ibunya kotak yang berisi korek api yang sudah dipakai dan terbakar.

Ibunya yang kasian, apa yang bisa dia katakan? Bagaimanapun, Belog adalah anaknya satu-satunya, dan dia sangat mencintainya.



-FIN-
Baca terjemahan Inggris di SINI
Author: Unknown

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau Anda puas dengan ceritanya. Tolong di klik ya Iklan (Ad) di sebelah kanan dan bawah. Terima Kasih ^-^
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------







0 comments:

Post a Comment