Tuesday, July 23, 2013

#081 Legenda Rawa Pening



Dahulu kala, ada seorang anak lelaki yang miskin, kotor, dan berbau, datang ke sebuah desa kecil. Dia sangat lapar dan lemah. Dia mengetuk semua pintu dan meminta makanan, tetapi tidak ada yang peduli padanya. Tidak ada orang yang mau membantunya. Akhirnya, seorang wanita tua yang dermawan membantunya. Dia memberinya tempat tinggal dan makanan. Ketika si anak lelaki itu ingin pergi, wanita tua itu memberinya sebuah lesung, sebuah pemukul kayu besar untuk memukul beras.

Dia mengingatkan, “tolong ingat, kalau ada banjir kamu harus menyelamatkan dirimu. Pakai lesung ini untuk menjadi sampan.”

Anak lelaki itu senang dan berterima kasih kepada wanita tua itu. anak lelaki itu melanjutkan perjalanannya. Ketika dia melewati desa, dimana dia pernah meminta makanan, dia melihat banyak orang berkumpul di lapangan. Anak lelaki itu mendekat dan melihat sebuah tongkat tertanam pada tanah. Orang-orang menantang satu sama lain untuk menarik keluar tongkat itu. Setiap orang mencoba, tetapi tidak ada yang berhasil.

“Bolehkah aku mencobanya?” Tanya anak lelaki itu.

Orang-orang itu tertawa mengejek. Anak lelaki itu mau mencoba keberuntungannya jadi dia melangkah maju dan menarik keluar tongkat itu. Dia bisa melakukannya dengan sangat mudah. Semua orang tercengang. Tiba-tiba dari lobang yang ditinggalkan oleh tongkat itu, air menyembur keluar. Air itu tidak berhenti sampai membanjiri desa itu. dan tidak ada satu orang pun yang selamat dari air itu kecuali anak lelaki dan wanita tua dermawan yang memberikan anak lelaki itu tempat tinggal dan makanan. Seperti yang dia diberitahu, dia menggunakan lesung sebagai sampan dan menjemput wanita tua itu. seluruh desa menjadi sebuah danau yang besar.


Danau itu sekarang dikenal sebagai Danau Rawa Pening di Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.


-FIN-
Baca terjemahan Inggris di SINI
Author: Unknown

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau Anda puas dengan ceritanya. Tolong di klik ya Iklan (Ad) di sebelah kanan dan bawah. Terima Kasih ^-^
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------







0 comments:

Post a Comment