Sunday, July 7, 2013

#056 Legenda Puteri Manorah



Sebuah cerita di ceritakan dan disebarkan generasi ke generasi sejak masa Ayutthaya yang menginspirasi sebuah puisi oleh King Rama V dari Thailand.

Kinaree Manorah adalah ratu dari legenda Thailand dan merupakan yang termuda dari tujuh Kinaree, anak dari raja Prathum dan ratu Jantakinnaree. Dia tinggal di gunung mitos kerajaan Grairat. Ketujuh Kinaree muncul sebagai setengah manusia dan setengah angsa. Mereka bisa terbang atau melepaskan sayap mereka untuk berubah ke bentuk manusia sesuai dengan keinginan mereka.

Di dalam kerajaan Grairat ada hutan Himmapan yang luas dimana tinggal makhluk aneh yang tidak diketahui oleh alam manusia. Di tengah hutan ada danau yang cantik dimana tujuh Kinaree suka mengunjungi secara teratur setiap hari yang baik Panarasi (malam bulan purnama). Di dekat danau, ada seorang pertapa yang melakukan meditasinya.

Suatu hari, seorang pemuda bernama Prahnbun, sedang berjalan-jalan di hutan Himmapan, melihat ketujuh puteri cantik yang bermain di kolam yang besar itu. Prahnbun, terpesona oleh kencantikan Manorah.

Dia berfikir, “jika dia bisa menangkapnya dan mempersembahkannya pada Pangeran Suton, anak dari raja Arityawong dan ratu Jantaivee dari Udon Panjah, sang pangeran pasti akan jatuh cinta padanya. Tapi bagaimana aku bisa menangkapnya?”

Dia tahu pertapa tua yang bermeditasi dekat sana di hutan dan memutuskan untuk meminta saran dari orang tua itu tentang rencananya. Pertapa itu memberitahu pemuda itu bahwa menangkap Kinaree akan sangat sulit, karena mereka akan terbang jika seseorang menakuti mereka, tapi ada seekor naga yang tinggal di dalam hutan yang bisa membantunya. Prahnbun berterima kasih atas sarannya dan berlari menemui sang naga.

Sang naga tidak senang mendengar rencana Prahbun tapi pada akhirnya terbujuk oleh Prahnbun untuk memberikan tali sakti yang dengan itu dia bisa menangkap Manorah. Prahnbun berterima kasih pada sang naga, dengan cepat menuju ke kolam dengan tali sakti dari sang naga.

Dia merangkak ke atas tepi kolam dimana para Kinaree sedang bermain. Ketika para Kinaree sedang senang-senangnya sibuk dengan permainan mereka di pinggiran air, dia menyerang; melempar tali sakti di leher Manorah dan mengikatnya begitu ketat, dia tidak bisa melarikan diri. Kakak adiknya takut tertangkap; semua lari dengan cepat dan terbang ke tempat aman.

Prahnbun kemudian mengamankan sayap Manorah supaya menghentikan dia dari terbang melarikan diri dan membawanya melewati hutan menuju ke Udon Panjah untuk mempersembahkannya pada Pangeran Suton.


Pangeran Suton ternyata sedang menunggang kuda di hutan ketika dia bertemu Prahnbun dengan hadiahnya. Kecantikan Manorah dengan langsung mempesona sang pangeran dan ketika dia mendengar Prahnbun telah menangkap Manorah untuknya, sang pangeran sangat senang dengan niat baik Prahnbun dan mengahadiahinya dengan luar biasa.

Sang pangeran kembali ke Istana Summer di dalam hutan bersama Manorah dimana cinta mereka tumbuh berkembang. Ketika sang pangeran memberitahu ibu dan ayah semua ceritanya, mereka sangat bahagia dan dengan langsung mengatur perkawinan antara sang pangeran dengan puteri Manorah yang kembali ke istana Udon Panjah dimana mereka menikah dan hidup bahagia selamanya.


-FIN-
Baca terjemahan Inggris di SINI
Author: Unknown

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau Anda puas dengan ceritanya. Tolong di klik ya Iklan (Ad) di sebelah kanan dan bawah. Terima Kasih ^-^
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------





0 comments:

Post a Comment