Sunday, July 14, 2013

#062 Petani Miskin Yang Bijak



Dahulu kala, ada seorang petani miskin di Cina. Suatu hari dia tidak punya nasi untuk dimakan, dan dia memutuskan untuk meminta pada tuan tanahnya. Jadi, dia membunuh seekor bebeknya dan membawanya ke tuan rumah sebagai hadiah.

Sang tuan tanah menerima hadiah tersebut dan berterima kasih kepada si petani.

“Bagaimana aku bisa membagi bebek ini dengan adil? Aku punya seorang istri, dua anak laki-laki dan dua anak perempuan,” Tanya sang tuan untuk menguji petani.

Petani itu mengambil pisaunya dan memotong kepala bebek. “Ini untuk tuan,” katanya. “karena tuan adalah kepala dari keluarga.”

Kemudian dia memotong kedua kaki bebek dan memberikannya pada kedua anak laki-lakinya. “Ini untuk kalian,” dia berkata, “karena kalian akan mengikuti jejak kaki ayah kalian.”

Berikutnya dia memotong dua sayap bebek dan memberikannya satu ke masing-masing anak perempuannya. “Ini untuk kalian,” karena kalian akan terbang pergi untuk menikahi orang lain.”


Akhirnya, dia mengambil yang terakhir dan memberikan pada istri sang tuan tanah karena istrinya lah yang mengurus dapur. Sang tuan tanah sangat senang dan memberikan petani itu beras dan juga uang.


-FIN-
Baca terjemahan Inggris di SINI
Author: Unknown

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau Anda puas dengan ceritanya. Tolong di klik ya Iklan (Ad) di sebelah kanan dan bawah. Terima Kasih ^-^
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




0 comments:

Post a Comment